7 Wisata di Cirebon dan Sekitarnya


Keraton KasepuhanBanyaknya hari libur Nasional yang jatuh pada hari jumat atau senin membuat waktu libur semakin panjang di akhir minggu (weekend). Dampaknya orang akan mencari tempat untuk menikmati liburan tsb. Mau ke Mall Bosen, Mau cafe juga udah terlalu sering, Nonton Film pun ga minat filmnya, lantas kemana lagi? Pilihannya bisa ke luar kota.

Orang yang tinggal di Jakarta dst, pastinya akan mencari lokasi yang tidak terlalu jauh. Banyak tempat sebetulnya yang bisa dikunjungi dari Jakarta, namun orang jakarta ini punya tren tempat wisata. Sekitar tahun 80 sd 90 an, orang jakarta lebih banyak berkutat di daerah Jakarta maupun di pinggiran Jakarta seperti Ancol, Bogor, Puncak. Masuk ke tahun 2000 an seiring adanya tol Jakarta Bandung, tren Orang jakarta berpindah ke arah Bandung, sampai dengan saat ini pun kalau kita ke Bandung di akhir pekan, maka pemandangan mobil dengan plat B sangatlah banyak.

Tempat – tempat wisata tsb. sampai dengan saat ini masih dipadati warga Jakarta utamanya di akhir pekan. Sebagian besar memang warga Jakarta masih pergi ke Bandung karena mudahnya akses ke kota tersebut. Namun bagi yang sudah mulai jenuh dengan kota Bandung ada alternatif tempat wisata ke arah Timur Jakarta.

Kota Cirebon, ya kota yang dijuluki kota udang ini mulai dilirik sebagai tempat wisata bagi sebagian warga Jakarta yang ingin berwisata di tempat – tempat baru. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Ibukota dan akses yang cukup memadai menjadi alasan warga Ibukota untuk mengalihkan tujuan wisatanya ke Cirebon.  Apalagi jika Jalan tol Cikapali yang rencananya sudah dapat digunakan pada Bulan Ramadhan ini.

Jika beberapa waktu lalu saya sudah pernah menulis tentang Kuliner di Cirebon, namun tahukah anda tempat – tempat wisata di Cirebon yang layak dikunjungi

Keraton Kasepuhan & Kanoman
Keraton kanomanCirebon memang merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang masih memelihara warisan Kerajaannya. Ada dua Keraton yang ada di Cirebon yaitu Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman. Keraton Kasepuhan adalah keraton yang lebih dahulu ada bisa dilihat dari namanya Ka”Sepuh”an, Sepuh artinya tua, sedangkan Ka”Nom”an, Nom artinya muda.

Lokasi kedua Keraton ini cukup berdekatan, Keraton Kasepuhan terletak di dekat Pelabuhan, sedangkan Keraton Kanoman bersebelahan dengan Pasar Kanoman. Kenapa ada 2 Keraton (sebetulnya ada 3) di Cirebon, Sejarahnya akan sangat panjang kalau saya ceritakan.

Apa yang bisa diliat disini ? Pastinya bangunan Keraton menjadi daya tarik sendiri, karena keraton di Cirebon memiliki ciri khas tersendiri. Selain itu tentunya banyak perlengkapan kerajaan disitu dan yang unik adalah Kereta Singabarong yang ada di Keraton Kasepuhan.

Gua Sunyaragi

Gua sunyaragiSalah satu peninggalan sejarah zaman kerajaan di Cirebon adalah Gua Sunyaragi, Gua ini merupakan tempat dimana Sultan Bersemedi, beristirahat juga tempat pemandian Kesultanan. Bangunan Gua ini mirip candi dengan banyak sekali gua di dalamnya.

Terletak di Jl. Brigjen Sudarsono (By pass) Kota Cirebon Saat ini Gua Sunyaragi bisa dikunjungi para wisatawan dengan hanya membayar tiket seharga Rp. 8.000. Terkadang di lokasi tersebut juga diadakan pentas seni Kebudayaan Cirebon seperti Tari Topeng, Calung dll

Makam Sunan Gunung Jati

makam sunan gunung jatiSelain sebagai kota Udang dan kota yang memiliki sejarah kerajaan, Kota Cirebon juga dikenal sebagai Kota yang religius. Kita tahu bahwa Sunan Gunung Jati berasal dari kota ini dan di makamkan di sini, oleh karena itu kota Cirebon juga disebut sebagai Kota Wali.

Lokasi Makam Sunan Gunung Jati terletak sekitar 5 km arah utara dari pusat kota Cirebon. Tempat ini memang sangat ramai dikunjungi oleh para penziarah dari berbagai kota. Makamnya sendiri sebetulnya tidak bisa kita lihat, kita hanya bisa melihat pintu masuk ke makam tersebut.

Ada yang sedikit mengganjal di area wisata Makam ini, ketika kita sudah akan keluar dari makam, biasanya akan banyak sekali anak – anak kecil yang menyodorkan tangan meminta sedekah. “Bulah, Palah” itu yang biasa dikatakan para anak tsb. berulang – ulang dan bukan hanya menyodorkan tangan tapi juga mengejar sampai ke kendaraan kita. Bagi yang ingin memberikan sedekah saya sarankan agar memberikan pada saat kita sudah berada di kendaraan dan dalam kondisi kendaraan sudah akan berjalan. Karena jika kita memberikannya pada saat sebelum naik kendaraan maka para anak tsb. akan terus berdatangan (bertambah banyak) dan akan terus mengejar ngejar kita.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

masjid agung sang cipta rasaMasjid yang didirikan oleh para Wali ini terletak di dekat dengan Keraton Kasepuhan. Masjid ini bernuansa warna merah bata senada dengan bangunan keraton. Bangunan Masjid ini sepintas tidak terlihat seperti Masjid karena atapnya tidak menggunakan kubah seperti Masji di Indonesia pada umumnya, namun bentuk atapnya limas dan terbuat dari genting seperti bangunan rumah.

Di Masjid ini dikenal dengan Azan Pitu, dimana pada saat Sholat Jumat maka ada 7 orang yang azan secara bersamaan. Hal ini menimbulkan suara yang unik lain daripada masjid masjid di Indonesia. Budaya ini sudah berlangsung turun termurun beberapa generasi.

Pusat Batik Trusmi

pusat batik trusmiKurang lengkap rasanya kalau traveling tanpa membeli sekedar cindera mata khas daerah setempat. Mungkin sudah cukup dikenal namanya kalau kita sebutkan “Batik Trusmi”. Lokasi pusat batik Trusmi ini berada di arah barat Kota Cirebon di daerah Plered Cirebon.

Di tempat itu kita akan menemukan banyak toko batik, baik yang skala besar maupun skala kecil. Model dan jenisnya pun sangat beragam denga variasi harga yang bisa disesuaikan dengan kantong.

Linggarjati 

LinggarjatiKita tentunya mengenal yang namanya Perjanjian Linggarjati, hal tersebut merupakan peristiwa bersejarah bagi Bangsa Indonesia di masa mempertahankan Kemerdekaan. Namun banyak belum tahu dimana lokasi Gedung Perjanjian Linggarjati tsb. Lokasi Linggarjati berada +/- 15 km ke arah selatan dari kota Cirebon, atau tepatnya sudah masuk ke wilayah Kab. Kuningan.

Selain melihat gedung bersejarah, kita juga bisa menikmati hutan wisata di dekat gedung tersebut. Dengan hawanya yang sejuk dan pepopohnan yang sangat rindang, kita dapat beristirahat beralaskan rerumputan. Disana juga terdapat kolam renang dengan air yang cukup segar karena air yang digunakan merupakan air dari pegunungan

Sangkan Hurip

sangkanhuripSebetulnya mengenai sangkanhurip ini sudah saya pernah tulis di blog ini, namun tidak ada salahnya saya tulis lagi sekilas. Daerah Sangkanhurip merupakan daerah peristirahatan dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang asri. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Linggarjati.

Di lokasi ini dikenal dengan pemandian air panas alami, banyak tempat pemandian di daerah Sangkanhurip ini, baik yang berbentuk kolam renang maupun kamar-kamar pemandian. Tarif masuknya pun bervariasi dari mulai kelas umum sampai kelas hotel berbintang.

Tentunya ini hanya sebagian dari banyak tempat yang bisa dikunjungi di kota Cirebon dan sekitarnya. Untuk melengkapi akan saya tulis lagi tempat – tempat wisata yang menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s