5 Kelompok Traveller


Jika kita dalam perjalanan ke luar kota, sering kita melihat para traveller yang melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya. Tempat yang dituju biasanya adalah tempat wisata. Terutama pada musim liburan seperti Libur Tahun Baru dan Libur Lebaran.

Kalau kita perhatikan ada beberapa kelompok traveller yang ada di Indonesia antara lain :

Family Traveller1. Family Traveller

Jenis traveller ini yang paling banyak ada di Indonesia. Umumnya traveller ini menggunakan kendaraan MPV ataupun SUV atau malah sebagian menyewa angkot untuk berbergian. Ada 2 jenis dari kategori ini, yaitu Family Traveller kecil yang  biasanya terdiri dari keluarga inti saja : Bapak, Ibu, anak. Jenis lainnya adalah Family Traveller Besar yang biasanya diisi dengan keluarga besar lengkap, selain keluarga inti tentu saja Kakek, Nenek, paman, bibi dst. Biasanya jenis terakhir menggunakan lebih dari 1 kendaraan.

Comunity Traveller2. Comunity traveller

Kategori ini berpergian secara gerombolan biasanya club -club otomotif baik mobil maupun motor, ada juga club olahraga atau rombongan dari satu kantor ataupun dari satu sekolahan. Cirinya peserta cukup banyak minimal lebih dari 20 orang sd 100 bahkan lebih. Transportasi yang digunakan bisa kendaraan sendiri spt mobil atau motor ataupun bus carteran.
Kategori ini biasanya sudah terorganisir, ada tour leadernya, logistik dan perlengkapannya jg cukup memadai. Walaupun  penginapan yg digunakan terkadang seadanya namun masih cukup layak.

Backpaker 3. Backpacker

Kalo yang ini traveller sejati yang memang doyan banget berpergian, meski harus jalan sendiri. Umumnya mereka berpergian menggunakan kendaraan umum (ngeteng). Kelompok ini biasanya sudah tau tujuan yang akan mereka tuju dan sekali jalan ada beberapa tempat yang dituju.

Cirinya mereka biasanya menggunakan tas Backpack dan berpergian sendirian atau 2 sd 4 orang saja. Karena budget mereka terbatas, mereka cukup menghemat untuk tempat penginapan dan makanan, yang penting bagi mereka adalah pengalaman menginjak tempat – tempat wisata.

Fancy Traveller4. Fancy Traveller

Bawaan yang cukup banyak, lengkap dengan perlengkapan dandan, baju baju yg dibawa jg serba wah, bahkan bisa dibilang Traveler ini memindahkan isi kamarnya  untuk dibawa berpergian. Salah satu contoh traveler ini adalah Syahrini. Pada suatu kesempatan ia bisa membawa berkoper2 pakaian untuk suatu perjalanan wisata.
Pastinya kelompok ini termasuk kalangan “the have” karena untuk perjalanan yg seperti ini butuh budget berlebih.

Nekad traveller5. Nekad Traveller

“Nekad” Traveller bukan “Naked” Traveller. Kelompok ini jenis traveler yang cuman modal dengkul, bedanya dengan kelompok backpaker, kelompok ini nyaris tanpa planing dan dengan bawaan dan dana seadanya. Mereka ga banyak mikir utk berpergian, mereka tidak memikirkan resiko perjalanan, bekal, tempat menginap, bahkan pakaian pun cukup yg ada di badan.
Contoh kelompok ini adalah para fans bola, pemotor, mudiker. Suatu saat saya pernah lihat sendiri pemotor v***a jadul dengan model ceper menyisir jalan di daerah alas roban tanpa lampu sama sekali di malam hari, apakah itu tidak membahayakan dirinya sendiri ataupun pengguna jalan lainnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s