Jajanan Cirebon (2)


Mie Koclok

koclok2

Umumnya orang lebih mengenal Mie Koclok dari daerah Bandung, ternyata di Cirebon juga ada yang namanya Mie Koclok. Berbeda dengan mi Koclok Bandung yang berkuah encer, Mie Koclok Cirebon berkuah kental seperti Mie Medan. Rasanya tentu saja Gurih, mienya cukup tebal seperti mie nyemek Jogya ditambah irisan ayam dan potongan telur rebus, mantap …

Lokasi Penjual Mie Koclok sekarang ini sudah agak jarang, setahu saya yang masih menyediakan adalah di dekat Keraton Kasepuhan, disitu ada jejeran warung – warung yang menyediakan Mie Koclok Cirebon. Ada juga yang cukup terkenal di daerah Lawanggada.

Kerupuk Sambal

krupuk sambelKerupuk Sambal sebetulnya makanan sederhana dari Cirebon namun jangan ditanya rasanya, apalagi bagi para penikmat pedas. Biasanya Kerupuk Sambal terdiri dari Kerupuk Melarat (Kerupuk khas Cirebon) ditambah sayuran kangkung, toge, kecipir, timun, daun singkong dan disiram sambal kacang. Terkadang kerupuk melarat diganti dengan gapit dan sayuran juga bisa ditambah Daun Pepaya atau Pare jika doyan yang pahit. Oya sambal juga ada tambahan jika kurang pedas yaitu sambal asam. Paling nikmat disantap bersama keluarga atau teman di siang atau sore hari.

Penjual Krupuk Sambal masih bisa ditemui dibeberapa tempat di Cirebon, yang cukup terkenal di emperan Toko Yogya baru.

Bubur Sop Ayam

Bubur sop ayamApa bedanya Bubur Sop Ayam dengan ¬†Bubur ayam yang banyak di jual di pinggir jalan, ya jelas namanya juga Bubur Sop Ayam, kata “Sop” nyalah yang membedakan. Pastinya Bubur yang satu ini berkuah sop ayam, karena namanya sendiri kan Bubur Sop Ayam, nah kuah Sop Ayam ini lah yang membedakan. Seperti layaknya kuah sop, Kuah Bubur ini juga encer dan berasa gurih karena dimasak dengan bumbu bumbu dan kari ayam. Pastinya bubur ini akan diberi irisan daging ayam dan daun bawang serta sayuran seperti wortel.

Tempat yang paling tepat untuk menikmati makanan ini adalah di Jl. Ampera yaitu dekat perlintasan kereta api. Bubur sop ayam Mang Kapi namanya dan hanya berjualan di sore sampai malam hari

Selamat Menikmati….

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s