Tengkleng Gajah


 

Bagi oranga yang tinggal di daerah solo, yogya ataupun daerah jawa tengah lainnya pasti sudah mengenal masakan yang namanya Tengkleng. Tengkleng dalam bahasa jawa berarti balung, atau tulang. Jadi masakan tengkleng identik dengan masakan berbahan baku tulang, umumnya yang digunakan adalah tulang kambing.
Masakan tengkleng umumnya berkuah seperti tongseng atau gulai. Salah satu yang paling top, yaitu tengkleng pasar klewer.

Kemarin ini sya diajak berwisata kuliner di daerah Yogyakarta, ternyata Yogya tidak hanya punya gudeg, disana juga ada yg namanya “Tengkleng Gajah”.
Mendengar Tengkleng Gajah, pasti orang terpikir masakan yang dibuat dari tulang belulang gajah, binatang terbesar yg ada didaratan. Ternyata bukan tulang gajah yg disajikan, namun sepiring besar tulang kambing yg sudah matang beserta kuahnya. Jadi sebetulnya kenapa dinamakan”Tengkleng Gajah” adalah karena porsinya yang besar dan tulang tulangnya cukup besar. image

 Rasa tengkleng ini jangan ditanya, kalau boleh pinjam istilah Pa Bondan “Maknyus” . Ada 2 macam kuah, yaitu kuah gulai dan kuah tongseng, saya kebetulan mencoba yang kuah tongseng. Selain rasa kuahnya yg maknyus, dagingnya juga tidak keras dan tidak bau. Tulang tulang yg ada jug semakin nikmat klo kita krikiti” (menggigiti tulang) sambil dihisap hisap. Kita yang awalnya merasa tak akan mampu menghabiskan 1 porsi tengkleng + 1 porsi nasi, ternyata semua ludes tak bersisa.
Lokasi tengkleng gajah ini ada di jalan kaliurang Km 9 Yogyakarta, saya lupa persisnya km berapa, tapi tidak jauh super market mirota.

Satu porsi tengkleng gajah dihargai Rp . 20.000,  harga yang sangat sebanding dengan rasa nikmatnya tengkleng
.

4 thoughts on “Tengkleng Gajah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s