6 Media Melayani Pelanggan Online (Tulisan berseri tentang toko online)


Mengelola toko online ternyata bukan perkara mudah, salah satu faktor penting dalam pengelolaan toko online adalah dalam hal “customer care” atau pelayanan pelanggan. Beda halnya dengan dengan toko biasa yang langsung bisa bertatap muka dengan pelanggan, disini kita hanya bisa berkomunikasi lewat media. Media yang digunakan bisa bermacam-macam, antara lain telepon, sms, email, chatting dll. Ketersediaan alternatif media komunikasi ini sangat penting, mengingat tidak semua pelanggan suka dengan 1 cara komunikasi. Tidak semua pelanggan suka menggunakan telepon atau email untuk berkomunikasi. Untuk itu kita harus menyiapkan diri untuk mempersenjatai toko online kita dengan berbagai alternatif media komunikasi. Layaknya seorang pendekar kita haru siap dengan pedang, tombak, golok, bahkan panah untuk menghadapi lawan-lawan kita.

Bersyukurlah kita, karena kita dilahirkan di abad teknologi informasi, dimana rentangan jarak tidak lagi menjadi kendala bagi komunikasi kita. Seorang yang tinggal di kampung kecil di daerah Banten sangat mungkin berkomunikasi dengan rekannya di Quebec Kanada. Bahkan dia bisa berkomunikasi tidak hanya dengan  1 orang dalam satu waktu, kita bisa berkomunikasi dengan banyak pihak dalam suatu waktu dari berbagai tempat di dunia. Hal tersebut dapat dilakukan sepanjang antara kita dengan lawan bicara kita menggunakan media yang sama.

Menurut pengalaman saya ada beberapa media yang paling sering digunakan pelanggan dalam berkomunikasi di toko online 1. SMS, Urutan pertama jatuh pada jalur komunikasi Short Messaging services atau sms. Sampai saat ini hampir 60 % pelanggan menggunakan ini. Alasan kenapa pelanggan menggunakan sms adalah selain murah, juga pelanggan sekaligus ingin “memverifikasi” keseriusan dari penjual. Cara ini menurut saya efektif, banyak keuntungannya juga jika kita menggunakan sms, hanya saja cara ini bukan yang termurah dan terkadang banyak pembeli yang hanya mencari informasi.

2. Telepon, Biasanya pembeli yang serius akan melakukan komunikasi dengan cara ini. Bisa dikatakan jika sang pembeli melakukan telepon biasanya dia benar-benar akan membeli produk kita. Disini kita harus siap secara langsung melayani pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan, jika kita tidak siap maka bisa jadi sang pelanggan menganggap kita tidak  serius bahkan lebih gawat lagi kita dianggap penipu atau “scam” dalam istilah internet.

3. Chat (Yahoo Messenger), Banyak juga komunikasi pelanggan yang menggunakan ini, bisa dibilang ini komunikasi yang murah dan mudah. Murah, karena kita hanya perlu koneksi internet yang saat ini semakin murah, dan mudah karena tinggal online kemudian chat. Sayangnya tidak semua orang punya akun Yahoo messenger dan kita harus online setiap saat.

4. BBM atau Blacberry Messenger, Maraknya pengguna Blackberry semakin menambah alternatif media komunikasi untuk melayani pelanggan online. Tak ubah “Chat”, melalui Blackberry ini kita bisa berkomunikasi dengan pelanggan dengan chat. Kekurangan dari media ini adalah tidak semua pelanggan yang memiliki BB.

5. Facebook, Saat ini Indonesia menempati urutan ke 2 pemilik akun Facebook di dunia, lebih dari 34 juta penduduk Indonesia yang menggunakan  facebook. Artinya merupakan pasar yang sangat besar jika kita mau berkomunikasi dengan pasar kita melalui Facebook. Bayangkan saja jika 5 % saja dari pemilik akun facebook di Indonesia online artinya 1,7 juta orang online di indonesia pada saat bersamaan.

6. Email, Ternyata tidak banyak pelanggan online yang memanfaatkan media ini bisa dikatakan hanya sekitar 5 % dari pelanggan yang menggunakan media ini. Namun media ini sangat bermanfaat pada saat menyampaikan rincian produk ataupun detil pemesanan. Umumnya pelanggan yang menggunakan email adalah pelanggan yang melakukan pembelian dengan jumlah yang cukup banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s