Promosi Toko Online (Tulisan Berseri Mengenai Toko Online)


“Traffic is Number Uno”

Begitu kira-kira falsafah netpreuner atau pengusaha online, Ya… semakin banyak pengunjung semakin baik. Seperti halnya juga pengusaha yang berencana membuka toko di suatu kawasan, maka salah satu yang diperhitungkan adalah jumlah lalu lintas (traffic) kendaraan yang lalu lalang didaerah tersebut. Kabarnya salah satu restoran cepat saji dari “Paman Sam” mengirimkan karyawannya selama beberapa hari untuk secara khusus menghitung berapa jumlah kendaraan yang lewat di suatu lokasi.

Apa sih gunanya traffic di toko online ? bukannya bagi seorang pedagang yang terpenting adalah penjualan ? Ya… benar kalau kita sebagai pedagang online pastinya mengharapkan penjualan bagi pemasukan pundi-pundi rupiah kita. Tapi jawabannya ngga berhenti sampai disitu, sekarang  saya bertanya dari mana datangnya penjualan ? pastinya dari pengunjung kan, lantas kalau sebuah website tidak ada pengunjungnya darimana kita bisa mengharapkan penjualan, wong dilirik aja ngga. Artinya semakin banyak pengunjung semakin banyak peluang terjadinya pembelian, dengan asumsi produk yang kita jual juga menarik.

Banyak cara mendatangkan pengunjung ke website kita,  salah satu cara lagi yang paling ampuh (ini menurut pakar netpreuner) adalah SEO atau Search Engine Optimization. Apa sih SEO?  Gampangnya gini, jika kita googling mencari suatu kata, pasti ada link2 yang akan tampil dalam halaman google tsb. dan biasanya yang ada di halaman 1 yang sering dklik.  Nah SEO itu bagaimana caranya agar supaya website kita tercantum di halaman pertama  google. Namun saya ngga membahas hal ini, karena terus terang walaupun saya paham konsep SEO tapi saya ngga gitu paham teknis pelaksanaannya.

Saya pribadi untuk melakukan promosi biasanya dengan memasukan iklan dan backlink di website-website  Banyak sekali website yang menawarkan pemasangan iklan maupun promo produk kita, baik itu secara gratis maupun berbayar. Kalau saya klasifikasikan ada paling tidak 4 jenis website, yaitu :

  1. Iklan Baris, ada banyak sekali website iklan baris yang ada di internet, biasanya jenis web ini hanya menyediakan iklan yang berisikan beberapa baris tulisan dan terkadang bisa jg menampilkan foto, walaupun sangat terbatas.  Contoh web ini : iklanbaris.co.id, superiklan.com, barangjasa.com , iklanplaza.com
  2. Social Networking, Sebetulnya jenis web ini bukan diperuntukan buat transaksi bisnis ataupun perdagangan, namun cukup efektif. Saat ini banyak sekali website social networking tp yang paling dikenal pastinya facebook, selain itu ada friendster, multiply, twitter,  blogspot &  wordpress, untuk dua yang terakhir sebetulnya adalah tempat ngeblog tapi banyak juga yang mempergunakan sebagai alat promosi.
  3. Trading website, Jenis website ini biasanya memang diperuntukan bagi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi bisnis, baik langsung dalam web tersebut maupun diluar web. contoh web seperti ini adalah ebay, alibaba, indonetwork, tokobagus, u toko dan banyak lagi. Dari web-web seperti ini lah biasanya pembeli datang dari tempat yang tidak kita duga-duga dan bisa saja ada yang dari luar negeri.
  4. Forum, yang paling top untuk jenis tak lain adalah forum kaskus, cukup banyak traffic yang datang dari forum ini. Sayangnya forum kaskus ini banyak sekali pengiklan sehingga kita harus update setiap saat untuk mengiklankan produk kita. Selain kaskus ada detik forum, forum nova dan lainnya

Itulah sebagian website yang bisa kita manfaatkan untuk berpromosi ria, tentunya masih banyak lagi promosi yang digunakan. Para ahli SEO pastinya lebih jago dengan hal ini. Tapi bagi pemula mudah-mudahan ini bisa menjadi pelengkap informasi,  dikala kemampuan berSEO belum mumpuni.

Man Jada Wa Jada,  siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil

Picture taken from freedigitalphotos.net

8 thoughts on “Promosi Toko Online (Tulisan Berseri Mengenai Toko Online)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s