6 Kelebihan Toko Online (tulisan berseri tentang toko online)


Dunia maya saat ini layaknya bunga yang sedang bemekaran dimana-mana, hampir di setiap sudut dunia akses internet sudah bisa kita dapatkan, bahkan di pedesaanpun internet bisa diakses. Mulai dari Pekerja, Mahasiswa, Ibu RT, Pebisnis, Anak-anak seakan berlomba memanfaatkan jejaring dunia ini. Banyak dampak baiknya namun tak sedikit pula dampak buruknya, layaknya pisau yang mempunyai dua sisi.

Salah satu manfaat positif yang bisa dirasakan adalah untuk perdagangan atau bisnis, membangun toko online contohnya. Tapi apa sih keuntungan dan kekurang toko online dibandingkan dengan toko offline atau toko tradisional. Disini saya coba membahas perbandingan bila kita membuka toko online.

1. Modal usaha

Bisa dibilang untuk memulai membuka toko online bisa dibilang kita ngga perlu modal banyak, paling – paling hanya 1 set komputer + modem + internet, 1 buah camera digital, beberapa sample produk dan Paket hosting + domain saja.  Tidak mencapai Rp. 10 juta untuk memulai usaha toko online, bayangkan jika kita membuka toko offline Rp. 10 juta mungkin hanya cukup untuk sewa tempat selama 1 tahun.

2. Persediaan

Membuka toko offline pastilah membutuhkan banyak persediaan, paling tidak untuk display di toko kita. Lain halnya toko online, bisa jadi kita tidak perlu membeli persediaan (zero stock). Artinya kita tidak perlu banyak mengeluarkan investasi / modal kerja baik untuk gudang, tempat display maupun membeli persediaan itu sendiri. Yang penting kita memiliki sample produk agar kita tahu persis produk yang kita jual. Alhasil kita bisa lebih efisien dalam penggunaan modal kita. Namun hal ini bukan tanpa kekurangan, karena dengan tanpa persediaan kita harus lebih gesit untuk memenuhi pesanan-pesanan, sehingga kita wajib menjaga hubungan dengan supplier (sourcing) kita.

3.  Pasar yang luas

Jika ingin menembus dunia  internetlah tempatnya. Karena dengan internet pesan kita bisa sampai ke pelosok dunia dimanapun itu berada. Siap-siap saja suatu hari mendapatkan pesanan dari luar Indonesia. Pengalaman saya pernah terkaget-kaget mendapatkan order dari negara tetangga (Malaysia) dengan jumlah yang lumayan banyak.

4.  Kemudahan promosi

Melakukan bisnis saat ini mutlak perlu adanya promosi dan marketing. Dalam dunia internet tempat melakukan promosi sangatlah banyak, asal kita rajin browsing dan cari-cari informasi semua bisa kita dapat di internet. Saya pribadi memakai beberapa website promosi dan forum untuk mempromosikan produk-produk saya, antara lain : Indonetwork, toko bagus, krazymarket, Forum kaskus, Tabloid nova dan pastinya lewat facebook

5. Keluwesan waktu

Ngga perlu waktu khusus dalam membuka toko online. Seseorang pekerja juga bisa menyisihkan waktunya pada malam hari atau hari libur untuk menggarap toko online,  jadi tidak perlu mengganggu waktu kerjanya. Bahkan pada saat si toko online ini bekerja, kita tidak perlu menungguinya setiap saat. Dan nikmatnya lagi toko ini akan tetap bekerja 24 jam sehari 7 hari seminggu.

6. Tidak perlu tenaga kerja khusus

Beda halnya toko offline yang perlu tenaga kerja untuk melayani pelanggan atau menunggu toko, di toko online kita tidak perlu membayar pekerja untuk itu. Cukup cantumkan no telepon, id yahoo messenger, alamat email dan alamat websitenya, kemudian tunggu saja sang calon pembeli yang tertarik dengan produk kita.

Selain kelebihan, pastinya toko online juga memiliki kekurangan. Kekurangan yang paling utama adalah kepercayaan pelanggan. Mengingat kepercayaan pelanggan sangatlah penting sehingga setiap pertanyaan yang datang harus dijawab dengan jelas sehingga tidak muncul keraguan bagi pelanggan. Repotnya di Negara kita ini namanya penipuan begitu banyak terjadi, termasuk lewat internet, sehingga masyarakat Indonesia belum begitu gemar berbelanja lewat internet dibandingkan langsung berbelanja di toko atau di mall.

Picture from :www.freedigitalphotos.net

5 thoughts on “6 Kelebihan Toko Online (tulisan berseri tentang toko online)

  1. Setuju mas… klo toko online memang memiliki kelebihan dibanding dengan toko tradisional/konvensional. Meskipun ada aja orang yg merusak suasana bisnis online dengan melakukan penipuan… Thx buat artikelnya. Keep share…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s