Memilih jasa kurir (Tulisan berseri tentang Toko Online)


Salah satu pekerjaan penting dari pengembangan Toko Online adalah pengiriman barang,  karena dengan ini barang dapat diterima oleh konsumen.  Nah, agar barang sampai dengan selamat dan baik perlu kiranya kita memilih cara terbaik untuk pengiriman barang tersebut. Terkadang konsumen kecewa terhadap pembeliannya bukan karena produk yang kita jual, namun bisa jadi karena pengiriman yang dilakukan tidak sesuai harapan. Bisa jadi karena waktu pengiriman teralalu lama, barang yang diterima rusak, atau ongkos kirim terlalu mahal. Faktor yang terakhir ini seringkali menyebabkan konsumen batal melakukan pembelian.

Ada 2 cara melakukan pengirim produk kita kepada konsumen, yaitu :

Cara pertama adalah mengirimkan sendiri produk kita, dalam kasus ini kita bisa menggunakan karyawan sendiri untuk melakukan pengiriman. Cara ini menurut saya cocok untuk pengiriman kepada konsumen di dalam kota, karena pastinya sangat tidak efisien bila kita melakukan sendiri pengiriman untuk konsumen yang berada di luar kota. Satu lagi pertimbangan untuk menggunakan cara ini adalah volume terjadi pembelian, jika volume cukup tinggi (misal : setiap 2 hari ada pengiriman)  maka cara ini cocok digunakan. Cara ini juga bisa dilalukan dengan menggunakan karyawan yang full dedicated atau kita menggunakan jasa tukang ojek atau orang di sekitar kita yang mau melakukan pengiriman.

Cara kedua adalah dengan menggunakan jasa Perusahaan Kurir yang banyak bertebaran dimana-mana. Ini cara praktis untuk menyampaikan produk kita kepada konsumen, namun untuk memilih Perusahaan kurir bukanlah hal yang gampang. Banyak sekali perusahaan kurir di Indonesia ini, dari mulai perusahaan kecil sampai perusahaan yang sudah sangat dikenal dan memiliki jaringan dimana-mana.

Kalau bisa saya simpulkan ada beberapa pilihan jasa Kurir, antara lain :

1. PT. Pos, pastinya orang sudah tahu dengan perusahaan plat merah ini. Kelebihan dari PT. Pos ini adalah Jaringannya yang mencapai ke seluruh pelosok Indonesia. Harganya pun relatif lebih murah walaupun untuk kasus tertentu bisa jadi lebih mahal. Kekurangannya adalah tarifnya tidak standar, sangat bervariasi biasanya tarif berdasarkan tiering, misalnya 3 Kg pertama Rp. X, tiap kg selanjutnya Rp. Y. Kekurangan lainnya adalah untuk golongan bertarif  murah waktu pengiriman cukup lama. Pengalaman saya menggunakan PT. Pos, barang baru diterima konsumen setelah 2 minggu.

2. Perusahaan Kurir Nasional (TIKI, ESL, PCP). Perusahaan tipe ini biasanya juga mempunyai jaringan yang cukup banyak, walaupun belum seluas POS, khusus untuk TIKI jaringannya sudah hampir menyamai POS. Tarif biasanya berdasarkan tarif flat per Kg, jadi cukup mudah untuk menghitung tarif pengiriman. Jangka waktu pengiriman rata-rata tidak terlalu lama,  Namun kekurangannya adalah tarif relatif lebih mahal dan barang yg kita kirim seringkali dihitung berdasarkan kubikasi / volumetrik ini menyebabkan ongkos kirim meningkat.  Pengalaman saya menggunakan jasa kurir ini, seringkali ongkos kirim yang diprediksikan meleset karena perhitungan berdasarkan volumetrik.

3. Cargo maskapai penerbangan. Cara ini juga sudah sering saya lakukan, terutama untuk pengiriman barang yang cukup jauh dan jumlah cukup banyak. Kelebihannya adalah harganya relatif murah, bandingkan saja Ongkos pengiriman 4 set bed cover ke Merauke hanya Rp. 350 ribu, padahal ketika itu saya coba kirimkan lewat TIKI ongkos kirim untu 1 set bedcover saja sudah mencapai Rp. 700 ribu.  Waktu pengirimanpun cukup cepat, terkadang cukup hanya memakan waktu 2 hari untuk pengiriman jarak yg jauh (merauke misalnya). Sayangnya untuk mengirimkan barang kita harus mengantarnya sendiri ke Bandara dan pengambilan barangpun harus diambil ke bandara (port to port). Selain itu rute penerbangan berbeda-beda tiap maskapai, jadi tidak semua kota bisa dikirim lewat satu maskapai. Satu bocoran saja, ternyata perusahaan sekelas T**i juga menggunakan cargo ini untuk pengiriman lewat udara.

4. Jasa kurir kecil, Jasa kurir ini banyak bertebaran di pusat-pusat perdagangan, seperti Tanah Abang, Mangga Dua, Kota dan lainnya. Kurir kecil ini biasanya tidak memiliki jaringan yang luas dan tempat penerimaan barang hanya di tempat-tempat tertentu. Namun tarif kirim yang digunakan relatif murah, bahkan lebih murah dibanding menggunakan cargo maskapai, sayangnya ada batas minimal pengiriman. Jangka waktu pengiriman bervariasi, karena berbeda-beda tiap jasa kurir tsb.

Nah, sekarang tergantung kita mau menggunakan jasa kurir mana. Saya sendiri selama membuka toko online www.spreicantiq.com sudah menggunakan semua jenis jasa pengiriman, mulai dari Pos, Perusahaan Cargo Nasional, Cargo maskapai penerbangan maupun Jasa kurir kecil. Buat saya patokan tarif ongkos kirim biasanya tetap menggunakan TIKI, namun jika konsumen keberatan ataupun pembelian dalam jumlah banyak saya memberikan beberapa alternatif pilihan diatas, supaya ongkos kirim bisa lebih murah.

2 thoughts on “Memilih jasa kurir (Tulisan berseri tentang Toko Online)

    1. Ya tak kenal maka tak sayang, tapi hari ini senang bisa berkkenalan dengan anda. Terima kkasih sudah mampir ke blog saya, lain waktu kita bisa diskusi soal kurir untuk toko online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s