Nyicil Emas


Setelah mendapat pelajaran dari sohib sang Manajer Investasi saya jadi terinspirasi, bahwa sebelum kita melakukan investasi yang harus kita perhatian adalah resikonya. Yang saya tangkap dari nasehat tersebut adalah lakukan investasi yang aman terlebih dahulu sebelum kita berinvestasi.

Ada 2 alternatif objek investasi yang coba saya pelajari ;

1. Property, kita semua tahu bahwa harga property cenderung meningkat terus bahkan peningkatannya bisa mencapai 2oo % dalam waktu 4 – 5 tahun. Rumah yang dibeli seharga Rp. 100 juta pada 5 tahun yang lalu, bisa jadi saat ini paling tidak berharga Rp. 200 juta, tentu saja dengan beberapa catatan (tidak banjir misalnya). Namun untuk melakukan investasi di properti ini tidaklah mudah, perlu dana yang cukup besar untuk diinvestasikan, disamping itu properti bersifat kurang likuid. Sehingga dengan adanya keterbatasan finansial, rasaya saya belum sanggup untuk masuk ke dunia investasi properti

2. Emas

Objek investasi ini sudah cukup dikenal masyarakat dunia, emas menjadi mata uang dunia yang cukup stabil, karena emas dinilai langka dan sifatnya yang tahan lama. Emas menjadi tolak ukur bagi mata uang dunia, bahkan emas lebih diperhitungkan daripada USD, Pondsterling, maupun Euro. Selain itu kelebihan emas adalah  bisa dibeli secara partial tidak seperti properti yang harus secara utuh. Sehingga bagi investor yang ingin berinvestasi jumlah yang dibutuhkan relatif kecil.

Mengingat karekter investasi emas yang seperti diatas, akhirnya saya putuskan untuk berinvestasi emas. Disamping itu secara kebetulan saya menemukan sebuah konsep yang sangat inovatif untuk membeli emas. Jika anda merasa kesulitan untuk membeli emas batangan, saat ini sudah ada cara membeli emas batangan dengan cara mencicil. Ada dua penyedia (penjual) yang bisa menjual emas batangan secara mencicil  yaitu Pegadaian dan Goldgram.

Untuk yang pertama mungkin kita semua sudah tahu, bahwa tempat ini adalah tempat dimana kita menggadaikan barang. Namun ternyata Pegadaian telah me-launching produk baru, yaitu berupa penjualan emas dengan sistem cicil. Sayangnya untuk mendapatkan fasilitas ini margin yang harus dibayar cukup mahal, sekitar 3 – 6 % tergantung jangka waktu cicilnya.

Yang kedua, terus terang saya pribadi baru kali dengar, http://www.goldgram.co.id sebuah situs yang menawarkan membeli emas secara pool. Artinya kita bisa membeli secara ketengan bahkan jika kita mau beli emas 1 gram pun bisa, dan jika sudah terkumpul s.d 5 atau 10 gram kita bisa mencetaknya dan mengambil ke toko emas. Yang asyik disini kita bisa beli pada saat harga emas sedang turun dan kemampuan finansial kita sedang cukup. Harga yang dibayar untuk emas sendiri masih dibawah harga Antam. Untuk fasilitas itu semua kita diharuskan membayar Rp. 1, 5 juta dengan bonus 3 gr emas.

Nah tinggal pilih mana yang akan lakukan untuk berinvestasi… kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing investor

2 thoughts on “Nyicil Emas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s