Pangandaran = Balinya Pulau Jawa


IMG_0270Jarak yang jauh dari Jakarta menuju Pangandaran ngga menyurutkan semangat saya dan keluarga untuk meluncur ke Pantai tersebut. Kira-kira 7 jam perjalanan dengan mobil dari Jakarta ke Pangandaran atau sekitar 300 km jauhnya. Berangkat pukul 7 pagi langsung tancap gas menuju tol Padalarang, sesuai perkiraan sekitar jam 9 pagi kita sudah keluar dari Tol tersebut. Jalur Jakarta Bandung seperti biasa cukup ramai walaupun tidak terlalu padat.
Keluar dari Tol Padalarang langsung menuju Nagrek, jalanan yang berliku menjadi tantangan sendiri. Untuk menuju Pantai Pangandaran, kita harus melewati beberapa kota, antara lain Tasikmalaya dan kota Banjar. Untuk kota yang pertama kita tidak perlu masuk ke kota nya karena bisa langsung melewati jalan layang.
Tiba di Pangandaran pukul 3, Kita langsung cari penginapan. Banyak pilihan penginapan, dari hotel berbintang hingga rumah-rumah yang disewakan oleh penduduk setempat. Harga sangat bervariasi dari yang 100 ribu sampai dengan 500 ribu sesuai dengan fasiltas dan kenyamanan yang diberikan. Akhirnya kita sepakat ambil rumah penduduk yang disewakan dengan harga vila (2 kamar) Rp. 350 ribu. Fasilitas yang disediakan adalah 2 kamar tidur yang sudah ada kamar mandi di dalamnya dan ac, 1 ruang tamu dengan tv dan lokasi yang cukup dekat dengan Pantai. Kami sengaja mengambil penginapan yang murmer mengingat lebih banyak aktivitas outdoor.Pantai Pangandaran sangat luas (panjang) rasanya ngga akan habis kita susuri dalam satu hari. Pasir pantainya pun cukup bersih walaupun bukan pasir putih, namun jika dibandingkan dengan Pantai anyer maupun Pantai Parangteritis menurut saya masih lebih bersih pangandaran. Selain berenang dan bermain di pinggir pantai kita bisa menikmati beberapa permainan antara lain : ATV, Papan surfing, Banana Boat, Parasailig, Jetski dan banyak lagi. Semua itu sudah tersedia dengan cara menyewa dari penduduk setempat yang ada di pinggir pantai.
Tapi sebentar, jangan terlalu puas dulu dengan pantai Pangandaran, karena ternyata sangat banyak pantai yang cukup indah dan tempat wisata lain di daerah ini. Jika kita menyukai pantai, paling tidak ada beberapa pantai lain yang berada di lokasi yang berdekatan. Sebut saja Pantai Karang nini, Batu hiu, Lembah Putri, Pasir Putih, Batu karas. Yang saya sebut terakhir, merupakan tempat dimana dilakukannya syuting Video klip Ello, dan kebetulan sekali kami sempat mampir ke Pantai tersebut. Pantai Batu karas lebih kecil (pendek) jika dibandingkan dengan Pantai Pangandaran, namun disini kita mendapatkan keteduhan. Pantai disini pun relatif aman karena terletak di teluk.
Baru pertama kali ini saya ke tempat wisata Green Canyon, dan memang keindahannya sangat luar biasa. Untuk memasuki Green Canyon kita harus membayar Rp. 75.000 per perahu yang cukup dimuati 5 orang dewasa. Dari tempat pemberangkatan kita diajak menyusuri sungai yang airnya berwarna hijau (mungkin ini alasan dinamkan “Green Canyon”) melewati lembah yang sangat indah. Aliran sungai ini akan menuju sebuah gua yang memiliki banyak staglaknit dan air terjun.
IMG_0345Tempat yang jangan dilewati di Pangandaran ini adalah Sea food Corner yang terletak di Pantai Timur Pangandaran. Di kawasan tersebut banyak sekali rumah makan yang menyediakan panganan Sea food yang masih segar. Berbagai macam ikan, Cumi, udang, Lobster, kepiting, rajungan dan panganan sea food lainnya. Harga relatif murah apalagi jika dibandingkan dengan harga di Jakarta. Penyajiannya pun bermacam-macam bisa di saos tiram, dibakar, saos padang dan banyak lagi.
Menurut saya Pangandaran sudah sangat layak dikatakan Balinya Pulau Jawa, atau paling tidak Balinya Jabar. Sayangnya akses untuk menuju ke Pangandaran hanyalah menggunakan kendaraan umum dan pribadi, tidak ada fasilitas lainnya misalnya Pesawat, maupun Kereta api, sehingga untuk mencapai ke pantai tersebut dari Jakarta dibutuhkan waktu 7 jam paling tidak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s