Amazingly Internet, (Go Internasional : Mungkin banget)


world-earth-dayHari kamis minggu kemarin saya atau tepatnya istri saya dikejutkan sebuah sms, sms dari negeri jiran Malaysia. Ia tertarik dengan produk yang ditawarkan / diiklankan saya di internet. Sungguh hal sangat di luar dugaan, mendapatkan calon pelanggan dari luar negeri.

Sebetulnya ini proyek iseng-iseng atau lebih tepatnya uji coba saja, saya menampilkan iklan produk saya di internet. Saya yang sekarang ini masih full time worker mencoba peruntungan untuk mengais rezeki di dunia usaha. Usaha yang dimulai dengan niatan mencari penghasilan sampingan ini, awalnya hanya berdagang door to door saja. Mulai dari tetangga, saudara, rekan kerja dan relasi lainnya menjadi sasaran pasar kami.

Usaha ini sudah berjalan sekitar 5 bulanan dan bisa dibilang pake modal dengkul saja. Kenapa saya bilang modal dengkul, yah karena kami hanya bermodal beberapa sample / contoh produknya dan katalog produk yang didapat dari produsen secara gratis. Kami tawarkan kepada para calon pembeli dengan menunjukan sample dan katalog, kemudian si calon pembeli memilih produk yang cocok dengan pilihannya. Jika sudah mendapatkan pilihan, maka baru kami mengorder pesanan tersebut kepada distributor, simple…

Sarana promosi selain lewat mulut ke mulut, kami menggunakan beberapa cara, salah satunya lewat internet. Di internet banyak sekali media promosi dengan berbagai macam situs, ada blog, iklan baris, situs trading, dan banyak lagi. Dari berbagai macam situs tersebut jg ada yang harus bayar ada yang gratis. Buat kami yang baru mulai dagang jelas memilih yang gratis. Saya buat blog khusus untuk produk-produk kami di multiply dan blogspot, juga di beberapa iklan baris, dan satu lagi adalah di situs trading di indonetwork.

Sampai dengan bulan ke 4, belum ada penjualan yang terjadi melalui media internet. Hanya beberapa orang menanyakan harga dan motif, setelah itu biasanya mereka raib tanpa ada komunikasi lagi. Sehingga praktis selama 4 bulan tersebut omzet diraih lewat door to door sales, yang jumlahnya juga relatif tidak banyak. Sampai suatu ketika kami dikejutkan oleh sebuah sms dari Malaysia. Awalnya kami beranggapan “ah paling hanya sebatas tanya-tanya saja”, namun ternyata komunikasi semakin intens. Awalnya hanya melalui sms, selanjutnya telepon juga lewat email. Melalui proses komunikasi yang panjang (sms, email dan by phone) dan sempet h2c juga menunggu transfer uang dari Malaysia, akhirnya kami melakukan transaksi lintas negara. Allhamdulillah…. Walupun dari segi nilai jumlah transaksi yang dilakukan tidak terlalu besar, namun hal ini sangat berarti buat kami.

Pelajaran yang saya dapat adalah :

  1. Internet memungkinkan segala halnya terutama untuk bisnis, dengan syarat penggunaan yang benar, tidak menyimpang.
  2. Internet menjadi semacam
  3. Tidak ada yang instant di dunia ini, diperlukan kesabaran dan ketekunan menggapai suatu hal yang diinginkan
  4. Bersiap diri terhadap kesempatan apapun.

6 thoughts on “Amazingly Internet, (Go Internasional : Mungkin banget)

  1. Postingnya menarik baget ni, saya suka banget..
    saya yajin pasti bermanfaat.
    Salam kenal ya.
    Silahkan berkunjung ke BLOG HEBOH dan kirim komentar untuk mendapatkan backlink GRATIS karena BLOG HEBOH menggunakan sistem DOFOLLOW alias KASIH COMMENT = TUKERAN LINK. hehehe..

    Di tunggu yah kedatangannya,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s