Berendam & Bersepeda di Kaki Gunung Tangkupan Perahu


curugjodoBelakangan ini saya cukup rutin bersepeda di akhir minggu (weekend). Hobby ini sebetulnya sudah mulai sejak setahun yang lalu namun sempat terhenti beberapa bulan, karena temen-temen yang biasa gowes bareng pada kompakan mogok gowes. Dengan semangat untuk bangkit kembali akhirnya sekitar 2 bulan ini saya mulai kembali menekuni hobby yang satu ini. Perkaranya salah satu bos tempat saya bekerja mulai keracunan sepeda.

Bersepeda didaerah pegunungan yang hijau nan asri buat saya adalah satu hal yang paling mengasyikan, salah satu tempat yang mengasyikan adalah di daerah sekitar pegunungan. Menjelajahi kebun  teh, hutan pinus, perkampungan dan gowes di pematang sawah merupakan pengalaman yang sungguh mengasyikan. Terkadang kita bisa menemukan penganan khas daerah yang kita santap pada saat istirahat sehingga melengkapi petualangan bersepeda. Namun saya ngga akan terlalu banyak bercerita mengenai kegiatan bersepeda, karena cerita ini sudah saya tulis di blog gowes saya www.kusmargono.multiply.com.

Tujuan kali ini adalah kaki gunung Tangkupan Perahu, di kaki gunung tsersebut pastinya banyak sekali tempat wisata yang sayang jika dilewatkan, salah satunya pemandian air Panas. Ngga lengkap rasanya sudah sampai di daerah Gunung Tangkupan Perahu tanpa mencicipi hangatnya air panas di Ciater. Ada dua tempat (CMIIW) pemandiaan air Panas di Ciater, pertama adalah Sari Ater Hotspring yang sudah cukup ternama dan satu lagi adalah Grazia spa. Saya memilih berendam di tempat pertama, karena tempat ini sudah cukup dikenal dan fasilitasnya pun cukup banyak.

Untuk masuk ke lokasi wisata Sari Ater kita harus membayar Rp. 15.000 per orang plus kendaraan dengan harga yang sama, sehingga kita berlima plus mobil harus membayar Rp. 90.000,-. Harga yang wajar mengingat fasiltas dan sarana serta view yang ditawarkan sangar menarik, ditambah pelayanan dari para petugas juga cukup baik. Sayangnya saya ngga bisa menikmati seluruh sarana yang ada disana mengingat waktu yang sempit. Yang saya tahu di tempat ini selain kolam renang air panas (natural hot spring) juga ada tempat Outbond, Go Kart, ATV, Tea Walk, Paint Ball, Mini moto dan banyak lagi.

Disitu ada 3 kolam pemandian air panas, awalnya saya ngga tau apa perbedaannya masing-masing kolam. Belakangan baru saya tahu dari sitenya Sari Ater bahwa yang membedakannya adalah suhu air panasnya. Saya memilih tempat pemandian pertama terdekat dengan pintu gerbang, namanya persis sama nama artis yang saat ini sudah menjadi Ny. B*****g T**, kolam “Mayang sari” itu memang namanya. Untuk masuk ke kolam ini kita dikenain biaya sebesar Rp 29.000,- per orang, sudah termasuk welcome drink. Air panas di kolam ini cukup panas, suhunya diatas 40 derajat. Awalnya terasa sangat panas masuk ke kolam tsb. apalagi udara dalam keadaan dingin dan hujan gerimis pun mulai turun, namun lama kelamaan air mulai terasa hangat. Di kolam air panas juga kita sangat sulit untuk berenang karena air panas akan mengenai mata pada saat kita berenang.

Menurut pihak Sari Ater manfaat dari berendam di air panas adalah :

“The basic effects of the bath in thermomineral waters are following : HYDROSTATIC and HYDRODINAMIC effects : these are the pressures and thrust on the body. The factor of decreased body weight displaced by the water is also involved, thus the body is unburdened of own weight and thereby increase its mobility, the water. The dispalement of water by movement in various direction strengthens the muscle ligaments and puts a suitable strain on the cardiovascular and respiratory system.”

Sekitar 1/2 jam saya berendam di kolam air panas tsb. sudah cukup membuat badan segar setelah semalam kurang tidur. Rasanya badan sudah siap kembali melakukan trip gowes disekitaran kaki Gunung Tangkupan Perahu.

foto diambil dari websitenya Sari Ater

Tinggalkan Balasan

