Antara Franchise dan Business Oppurtunity


Franchising atau Waralaba berasala dari bahasa perancis yang artinya kejujuran atau kebebasan, sedangkan saat ini franchise diartikan sebagai hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah:

Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Saat ini berkembang banyak sekali produk-produk baik barang dan jasa dengan mengatasnamakan konsep bisnis franchise. Namun perlu ditelaah lebih lanjut apakah benar yang ditawarkan kepada para investor tersebit merupakan skema berbisnis franchise. Karena ternyata para produsen yang menggunakan nama “franchise” ternyata tidak lebih hanya sebuah business oppurtunity. Lantas dimana bedanya antara franchise dengan business Oppurtunity.

Ada perbedaan dan kesamaan antara Franchise dan BO, antara lain :

Persamaan

  1. Sama-sama menawarkan kerjasama bisnis
  2. Sama-sama memberikan hak cipta dan merk dagang kepada mitra
  3. Memberikan hak menjual produk ke end user kepada mitra

Perbedaan

  1. Franchise bertanggung jawab untuk memberikan seluruh informasi, mulai proses produksi, sistem manajemen dan keuangan dari produk atau jasa yang di-franchisekan-
  2. Franchise bertanggung jawab kepada mitra (franchisor) untuk memberikan bimbingan dan pelatihan
  3. Franchise harus aktif untuk mengembangkan bisnis franshisor.
  4. Umumnya biaya investasi yang dikeluarkan untuk Franchise lebih mahal, karena memang ini merupakan konsekuensi dari sistem manajemen yang sudah terbukti handal.

Dari persamaan dan perbedaan tersebut, rasanya perlu ditelaah lebih jauh jika kita mendapatkan tawaran investasi franchise. Jangan terlalu berharap banyak terhadap bisnis yang ditawarkan, iming – iming Break event point dengan cepat atau raih keuntungan hingga jutaan rupiah memang bukan isapan jempol belaka, namun semua itu harus diraih dengan kerja keras

gambar diambil dari situs anagosa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s