Recruitment Process


Recruitment atau rekrutmen dalam bahasa Indonesia merupakan suatu proses yang terdiri dari sourcing, screening dan penyeleksian kandidat untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada pada suatu organisasi. Recruitment juga menjadi media pertemuan bagi para pelamar dan organisasi yang membutuhkan personil.

Recruitment Process

Ada beberapa tahapan suatu organisasi melakukan recruitment, secara umum tahap-tahap rekrutmen adalah sebagai berikut :

  1. Merencanakan kebutuhan karyawan, termasuk kualifikasi yang dibutuhkan (Identification)
  2. Mencari dan menjaring pelamar (sourcing)
  3. Menyaring dan Menseleksi pelamar (screening and selecting )
  4. Penawaran dan penerimaan (Placement)

Tahap pertama yang dilakukan dalam suatu organisasi untuk merekrut seorang karyawan, dimulai dari tahap identifikasi kebutuhan karyawan, baik itu untuk jabatan baru maupun jabatan ada yang sedang kosong. Tahapan ini dimulai dari menganilisa pekerjaan, menjabarkan pekerjaan dan menjabarkan spesifikasi karyawan. Ouput yang dihasilkan dalam proses ini biasanya berupa Deskripsi Pekerjaan (Job Description) dan Kualifikasi karyawan yang dibutuhkan.

Tahap kedua dari Recruitment Process adalah Sourcing atau pengumpulan pelamar, biasanya dimulai dari iklan lowongan kerja, dan saat ini banyak sekali media yang bisa digunakan menjadi alternatif. Perkembangan dunia media saat ini, iklan lowongan bisa melalui :

  • Media cetak
  • Radio/TV
  • Internet (Milis, Website, Blog, Email dll)
  • Professional Publications
  • Job center
  • Kampus-kampus

Namun pada beberapa perusahaan dan untuk jabatan tertentu tidak menggunakan media iklan sebagai alat menjaring pelamar, alih-alih menggunakan iklan mereka lebih senang menggunakan Headhunter. Alasan menggunakan headhunter dikarenakan mereka berasumsi bahwa karyawan yang mempunyai performance baik seringkali enggan untuk melamar di perusahaan lain dan kualifikasi dari calon pegawai lebih dapat diandalkan karena sudah dimonitor oleh sang headhunter.

Tahapan ketiga adalah tahapan Menyaring dan Menyeleksi pelamar, tahap ini bisa jadi adalah tahapan krusial dalam rekrutmen karena pada tahap ini adalah penentuan untuk mendapatkan kandidat yang terbaik. Pada tahapan ini penyaringan dilakukan berdasarkan kualifikasi yang telah dibuat pada tahap pertama, penyaringan awal adalah dari surat lamaran yang masuk, baik berupa latar belakang pendidikan, pengalaman kerja maupun keahlian yang dibutuhkan. Setelah penyaringan maka dilakukan seleksi berupa tes tertulis dan interview.

Setelah tahap itu semua dilalui maka tahapan terakhir adalah memberikan penawaran kerja dan kontrak kerja serta diikuti penempatan pada posisi yang telah ditentukan.

Tulisan ini merupakan resume dari tahap-tahap recruitment, pada tulisan selanjutnya saya akan coba membahas lebih jauh mengenai recruitment serta teknis dan aplikasinya di Indonesia.

One thought on “Recruitment Process

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s