Job Interview Tips


Job Interview Tip

Menghadapi Interview pada saat melamar pekerjaan bukanlah hal yang mudah, meskipun telah beberapa kali melakukan Job Interview namun perasaan nervous seringkali timbul. Pada dasarnya pada saat kita menghadapi interview adalah moment kita “menjual” diri kita kepada calon user/majikan. Bagaimana karekteristik kita, apa keahlian kita, bagaimana latar belakang pendidikan dan apa pengalaman kerja kita. Bagaimanapun juga mempersiapkan diri menghadapi interview adalah lebih baik daripada tidak. Ini adalah berapa tip dalam kita menghadapi interview :

  1. Kenalilah Perusahaan yang memanggil kita dan kenalilah jabatan yang akan kita lamar. Kata orang tak kenal maka tak sayang, jadi sebelum memenuhi panggilan interview sebaiknya bikin riset kecil-kecilan mengenai Perusahaan tersebut, cari informasi di Internet, koran maupun kenalan kita. Cari tahu jenis perusahaan, produk apa yang dijual dan hal-hal yang berkaitan
  2. Latihan, untuk mengahadapi interview kita perlu melatih diri kita menghadapi pertanyaan-pertanyaan interviewer. Siapkan daftar pertanyaan dan jawaban yang mungkin muncul dalam sesi interview tersebut. Cobalah simulasikan dengan teman atau rekan anda, minta dia menjadi interviewer dan berusahalah menjawab sebaik mungkin.
  3. Bersiaplah, siapkanlah pakaian dan asesori yang pantas untuk interview, perlu juga dipikirkan transportasi yang akan digunakan. Tak kalah penting adalah lokasi interview, jika diperlukan kunjungi lokasi sehari sebelumnya. Bawalah CV atau resume dan alat tulis sebagai persiapan.
  4. On time, perusahaan tidak menyukai calon karyawan yang terlambat, jadi jangan terlambat menghadari interview.
  5. Tetap tenang, banyak calon karyawan gagal bukan karena kemampuan akademik atau pengalaman kerja namun lebih karena pembawaan diri yang gugup dan kurang dapat konsentrasi dalam menjawab pertanyaan.
  6. Don’t lie & show what you know, Jujurlah mengenai kemampuan diri. Mendapatkan pekerjaan idaman adalah hal yang diimpikan, namun tidak jujur akan kemampuan kita dapat menjadi bumerang pada saat kita mulai bekerja.

Perlu diketahui bahwa fungsi rekrutmen dalam suatu perusahaan adalah mencari kandidat yang sesuai dengan yang dibutuhkan, banyak kandidat yang memiliki Indeks Prestasi sangat memuaskan tidak dapat diterima dalam suatu perusahaan karena over qualified.

One thought on “Job Interview Tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s