Makan Nasi Jamblang di Cirebon (1)


Kalau kita main ke Cirebon rasanya kurang pas jika ngga makan nasi Jamblang. Itu loh nasi yang makannya di daun jati dengan lauk pauknya yang khas Cirebon. Barusan dapet tugas ke Cirebon untuk survey lokasi, dan kebetulan sekali saya sendiri asli Putera Cirebon. Ada banyak tempat untuk makan panganan ini dan rata-rata tempatnya ada dipinggir jalan (warung tenda), namun sepengetahuan saya ada 2 tempat yang populer, salah satunya :

Nasi Jamblang Pelabuhan

Lokasi tempat ini persis di Pintu pelabuhan yang berdekatan dengan Taman Ade Irma Suryani (sekarang dah tutup). Tepatnya di Jalan Yos Sudarso sebelah Bank Mandiri dan Gedung Bank Indonesia Cirebon. Kalau kita
dari arah Cherbon Plaza kita jalan terus ke arah Timur sampai mentok, ngga usah belok kanan atau kiri. Tempatnya sangat sederhana bahkan pintu masuknya menggunakan pintu masuk Pelabuhan yang hanya cukup untuk lewat satu orang.

Lokasi persisnya

Nasi Jamblang pelabuhan sudah cukup lama berjualan, awalnya berada tepat didepan pintu pelabuhan, namun karena kebaikan pihak pelabuhan tempat berjualan sudah bergeser ke dalam Pelabuhan. Masuk ke warung jamblang kita akan disambut dengan kursi-kursi dan meja yang ala kadarnya. kalau kita datang pada musim liburan, tempat akan penuh sesak dengan pengunjung. O Iya, warung jamblang ini hanya berjualan pagi hari saja biasanya buka dari jam 6 sampai paling lama jam 12 an, terkadang tutup lebih cepat karena kehabisan stock.

Untuk menikmati nasi Jamblang kita harus nyamperin tempat nasi dan lauk pauknya baru kita dilayani. Dengan menggunakan piring yang dialasi Daun Jati kita diberikan nasi dengan porsi sedang, kemudian kita dapat memilih lauknya. Ada banyak pilihan lauk, mungkin ada sekitar 30 an jenis lauk, namun yang ngga boleh ketinggalan sambel dan sayur tahu. Selain itu kita juga bisa milih semur daging, ati rempolo, ayam goreng, satu kentang, perkedel, telor dadar dan masih banyak lagi. Sepintas memang ngga beda dengan warteg yang ada dimana-mana, namun kalau kita sudah mencicipi perbedaan baru terasa.

Harga seporsi nasi beserta lauk dan minum berkisaran Rp. 10.000,- s.d Rp. 25.000,- tergantung dari lauk yang kita makan. Tidak terlalu mahal saya kira, walaupun kita makan di tempat yang mojok dengan kursi dan meja seadanya. Tapi untuk pengalaman patut dicoba jika mampir ke kota udang.

foto diambil dari sedap sekejap

2 thoughts on “Makan Nasi Jamblang di Cirebon (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s