Kaya Lewat Google


Kebetulan lagi jalan ke BSD Junction ada pameran buku Gramedia di lantai dasar. Walaupun buku yang dipajang ngga terlampau lengkap, namun hampir semua buku dijual dengan potongan harga alias discount. Discount harga yang diberikan bervariasi dari 10 % s.d 70 % tapi jangan terlalu berharap mendapatkan buku dengan harga discount lebih dari 20 %, hanya buku-buku lawas saja dengan judul / tema yang tak populer ditawarkan dengan discount lebih dari 20 %.

Setelah sedikit pilih-pilih ada bukunya Bob Julius Onggo “Googlepreneur Kaya Lewat Google”, boleh juga nih saya pikir, dan kebetulan discount 10%. Dari tampilan covernya sih cukup bagus, secara kualitas kertas pun ngga jelek, so secara fisik cukup representatiflah. Buku ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo anak perusahaan Gramedia, dicetak pertama November 2007 dan buku yang saya beli sudah masuk cetakan ketiga. Cukup laris sepertinya, mengingat tidak sampai dengan 1 tahun sudah sampai ke cetakan ketiga. Very not bad at all.

Buku ini sendiri mengambil judul yang cukup bombastis = “Googlepreneur, kaya lewat google”, dengan tag “Kiat menjadi Kaya dan memiliki banyak pelanggan lewat bantuan Yahoo /Google”. Buku yang memiliki halaman sebanyak 176 halaman ini dibagi dalam 11 bab. Buku ini juga telah dikomentari oleh beberapa tokoh salah satu komentarnya ditulis oleh Kafi Kurnia. Istilah Googlepreneur sendiri merupakan istilah bagi entrepreneur yang besar menggunakan media Google atau Search Engine lainnya

Jika anda berharap dengan membaca buku Googlepreneur kemudian googling, klik ini dan itu kemudian mendadak kaya, saya pikir anda tidak akan mendapatkan itu. Banyak sekali orang salah kaprah terhadap yang namanya bisnis google, mereka beranggapan bahwa bisnis dengan google sangat mudah dan dapat cepat kaya. Karena mereka beranggapan kita hanya duduk manis didepan komputer dengan akses internet yang baik, kemudian googling, blogging, surfing, digging, dan duit akan mengalir dengan sendirinya. Padahal bisnis ini bisa dibilang sulit, sangat sulit malah, seperti halnya kita melakukan bisnis manual. So, sebelum anda membeli dan membaca buku ini jangan pernah berharap bahwa ini merupakan jalan pintas untuk kaya. Hapuskan pikiran menjadi kaya dengan google ini mudah!

Buku ini sebetulnya lebih banyak membahas teknik-teknik SEO (Search Engine Optimation). SEO yang merupakan teknik promosi lewat internet memang sangat membantu kita dalam hal melakukan bisnis internet. Saat ini mungkin 80% pengguna internet di dunia akan membuka goole pada saat mencari suatu produk atau jasa maupun topik dan artikel tertentu. Ini menyebabkan google menjadi The No 1 site in the World. Memang saat ini tidak semua netter yang mengetahui seluruh produk google, kebanyakan mereka hanya mengetahui bahwa goole = search engine.

Ada 11 Bab dalam buku ini, ditambah 4 lampiran pendukung. Kesebelas bab tersebut adalah :

  1. Mengapa Bisa kaya lewat Google
  2. Riset Frase
  3. Cari tahu site kompetitor
  4. Bagaimana membuat website bersahabat
  5. Bagaimana web di indeks oleh google
  6. Mempopulerkan situs
  7. Optimisasi halaman web
  8. Menghindari diblack list oleh Search engine
  9. Perlu tidaknya mengoutsource ke pihak lain
  10. Mengefektifkan iklan di google / yahoo
  11. Contoh – contoh googlepreneur yang sukses

Menurut saya buku ini sangat memberikan inspirasi bagi pembaca yang ingin memulai / sedang berbisnis lewat internet. Dan yang terpenting lagi do it

One thought on “Kaya Lewat Google

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s