Flying Fox di Tanah Tingal


Seperti 3 postingan saya sebelumnya yang membahas mengenai tempat-tempat wisata dan hangout, yaitu pada Cibodas Vacation, Kampung Daun dan Pulau Ayer kali ini saya menyambangi tempat wisata di daerah Ciputat.

Minggu 7 Juni 2008, Bersama keluarga meluncur ke daerah Jombang Ciputat, tepatnya ke sebuah tempat wisata Tanah Tinggal. Terletak di Desa Sawah Baru Jl. Merpati Raya, Ciputat-Tanggerang, Tanah Tingal sebuah tempat wisata dengan tema hutan kota memiliki beberapa falitas wisata yang bisa dinikmati keluarga. Dengan luas sekitar 9 Hektar tempat tersebut banyak ditumbuhi pohon-pohon layaknya sebuah hutan wisata, disamping itu terdapat kebun pembibitan anggrek, bagi yang suka dengan tanaman tersebut bisa menikmati ratusan jenis anggrek yang ada.

Dengan karcis masuk Rp. 15.000,- kita sudah dapat menikmati udara segar, pemandangan yang asri serta fasiltas kolam renang yang ada. Untuk anak-anak tedapat permainan anak seperti ayunan dan permainan ketangkasan lain. Selain fasiltas yang bisa dinikmati tersebut tanpa biaya tambahan, kita juga menikmati fasilitas outbond tentunya dengan membayar sejumlah uang. Ada empat jenis permainan yaitu Flying Fox, Elvis walk, panjat tali dan kano. Masing – masing jenis permainan diharuskan membayar Rp. 10.000,- terkecuali untuk kano sebesar Rp. 25.000,-.Memang sudah niat sejak awal untuk main flying fox, Raihan & Ariq dengan sedikit nekat nyoba permainan tersebut. Mulanya memang agak ragu dan agak sedikit takut untuk nyoba terutama Ariq yang masih umur 5 tahun, namun dengan dorongan semangat berangkat juga mereka. Dengan perlengkapan pengaman yang cukup memadai dan dipandu oleh tenaga Pencinta Alam (sepertinya mahasiswa) mereka naik tangga dengan tinggi sekitar 8 meter. 1, 2, go… meluncur sudah Raihan wusss…. , meluncur disepanjang tali dengan panjang tali sekitar 15 meter. Ariq yang awalnya agak takut jadi penasaran, sayangnya dengan jarak anak tangga yang lebar ariq kesulitan untuk menaikin tangga tersbut, sehingga cukup lama untuk mencapai titik tertinggi. Namun dengan bantuan sang pembimbing sampai juga diatas dan wuss… Ariq juga meluncur.

Apa rasanya? tegang dan seru kata mereka… dengan senangnya. Tadinya kita mau coba dengan permainan yang lain seperti Elvis Walk atau panjat tali, namun karena masih teralalu kecil mereka urung mencobanya. So kita ngulang aja Flying Fox, dan sekarang ditambah saya sebagai peserta terakhir. Sampai pada titik peluncuran baru terasa ketegangan, ternyata tinggi juga. Terus terang ada sedikit perasaan ngeri juga memulai peluncuran ini, tapi tengsin jugalah sama anak2. Start pertama memang ngga terlalu terasa cepat, setelah setengah perjalanan baru terasa kecepatan bertambah dan adrenalin meningkat.

Selesai main flying fox, rencananya anak2 ingin sewa sepeda yang disediakan disitu dengan harga Rp. 5.000 per setengah jam, sayangnya seluruh sepeda dalam keadaan rusak. So rencana berubah dan kita langsung menuju restoran. Ya memang di Tanah Tingal juga tersedia resto yang cukup representatif, sambil kita menikmati asrinya pemandangan kita bisa menyantap sajian makanan yang disediakan. Menu makanan yang ada sebetulnya kurang bervariasi, kurang lebih hanya ada 20 jenis makanan dari Ikan Gurame sampai dengan karedok. Harga makanan relatif wajar, tidak terhitung mahal walaupun juga ngga murah. Bicara rasa makanan bisa dibilang cukup nikmat, kami mencoba menu Gurame Bakar 2 rasa dan sop iga asam, keduanya tidak mengecewakan.

Yang dirasakan kurang memadai di tempat wisata tersebut, barangkali informasi yang disampaikan kepada pengunjung. Harusnya pengelola menyediakan semacam brosur atau papan informasi yang menginformasikan secara jelas mengenai fasilitas dan peta lokasi. Karena selama saya disana saya sedikit kebingungan dengan lokasi-lokasi dan ada apa saja disana.

15 thoughts on “Flying Fox di Tanah Tingal

  1. Dear ALL,

    Mohon infornasi, untuk mengehubungi ke Tanah Tinggal, brapa kah no telfonnya, saya butuh info no telfon yang bisa di hubungi. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

    Regards,

    RIZKY

  2. Hi, mau tanya dong ..
    untuk keliling2 di dalam area Tanah Tingal itu apa bisa pakai kendaraan pribadi?
    harus reservasi dulu tidak ya kalau mau kesana?

  3. @Lea
    Hi juga…
    Wah ngga bisa tuh, lahannya ngga terlalu luas ko klo buat keliling pake mobil.
    Langsung aja dateng ngga perlu reservasi, tapi klo bisa call dlu takut ada yang booking buat group.

    gw dah kaya marketing Tanah Tingal nih, Buat pengelola Tanah Tingal ditunggu komisinya (hehehe…)

  4. boleh sy dikirimin harga paket 2 hr 1 mlm,termasuk apa aja. fasilitas penginapannya.secepatnyaya…sukur2 kl lsg d bls.kalau mau ke tempat tanah tingal arahnya dari pondok cabeambil ke arah mana?

  5. oya kalau kt bw romb -+ 190 orang,gmn……parkirnya luas kan n aman kan?kami dari travel,andai paket anda cocok….insya allah berlanjut.tq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s