Kliksaya.com, Google Adsense rasa Indonesia


Intro : Kalau sebelumnya saya menulis blognya Cosa aranda. com, untuk saat ini dan selanjutnya saya akan membahas blog / situs khususnya yang berkaitan dengan online earning.

Akhirnya ada juga Google Adsense rasa Indonesia. Dengan model bisnis yang sangat mirip Adsense, Kliksaya.com telah beroperasi menggunakan bahasa Indonesia sebagai media bahasanya. Situs ini dibangun oleh David Chiang, seorang internet marketer yang sudah cukup lama malang melintang di dunia Internet Marketing.

Seperti halnya provider Pay Per Click, situs ini memiliki 2 (dua) Kompenen utama yaitu pemasang iklan (advertiser) dan penyedia iklan (publisher). Secara singkat bentuk bisnis modelnya demikian :

KlikSaya.Com adalah pasar periklanan online khusus untuk wilayah Indonesia. Sebagai pasar, fungsi kami adalah mempertemukan orang yang membutuhkan iklan (pemasang iklan) dengan orang yang menyediakan tempat untuk pemasangan iklan pada situsnya (penerbit iklan). Sebagai pihak penengah, sistem kami dirancang agar fair terhadap seluruh pihak. Pemasang iklan dapat memilih zona iklan pada situs-situs penerbit yang telah bekerja sama dengan kami, dan kemudian memasang iklan yang berbasis teks.

Inilah asyiknya bagi pemasang iklan, kita tidak perlu membayar walaupun iklan kita sudah dipasang pada suatu situs. Beda halnya jika pemasang iklan memasang pada media-media teradisional macam media cetak, media tv maupun media internet konvensional, dengan konsep konvensional kita diharuskan membayar pada saat iklan kita tampil pada media massa. Nah untuk konsep Advertising Pay Per Click, pemasang iklan hanya membayar bila iklannya diklik oleh pembaca, artinya sudah hampir pasti pembaca akan melihat situs kita.

Bagi para penerbit iklan (Publisher) pastinya akan lebih asyik lagi karena kesempatan untuk mendapatkan penghasilan online (online earning) semakin terbuka. Kalau biasanya kita mengandalkan provider global seperti Adsense, sekarang kita semakin banyak alternatif untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Bagi yang kemampuan englishnya pas-pasan situs ini sangat membantu, karena kita ngga perlu berusah payah lagi menulis artikel english. Untuk melihat contoh dari iklan-iklan dari kliksaya.com bisa dilihat di halaman utama blog ini maupun di halaman lainnya

Untuk memasang iklan di publisher yang terdaftar di kliksaya, advertiser diharuskan membayar minimal Rp. 300,- per klik. Jumlah tersebut akan dibagi sebesar 50% untuk kliksaya dan 50% untuk si publisher. Namun advertiser diharuskan membeli pulsa prabayar dulu untuk memasang iklannya sebesar Rp. 50.000,-, seperti kita membeli pulsa telepon.

Untuk mengantisipasi adanya click fraud, kliksaya membuat aturan dengan membebankan denda sebesar Rp. 2.000,-, pemberlakuan ini cukup bijak jika dibandingkan Adsense yang akan langsung membaned account bila terjadi click fraud baik karena disengaja maupun tidak. Sebaliknya bagi advertiser, mereka tidak akan dikenai biaya bila terjadi clickfraud pada iklan yang dipasang. Inilah salah satu kelebihan kliksaya dibanding Adwords, karena pada Google Adwords jika terjadi clickfraud advertiser tetap diharuskan membayar.

Mudah-mudahan dengan adanya kliksaya.com semakin banyak bermunculan situs-situs lokal lain yang dapat memberikan penghasilan bagi penggiat internet marketing. Ujung-ujungnya semakin banyak masyarakat yang bisa lebih sejahtera, semoga ini bukan harapan yang berlebihan mengingat bisnis seperti ini tidaklah terlalu banyak terperngaruh terhadap kenaikan BBM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s