Belajar Online Earning


Setelah beberapa bulan ini saya coba pelajari dan praktekan mengenai online earning, memang ngga gampang. Sampai saat ini account saya masih nol kecil. Ternyata untuk menjadi online earner ngga jauh beda sama offline earning atau bisnis konvensional, yang menjadi beda disini hanya medianya saja, yaitu media internet sehinga kita ngga perlu tatap muka untuk bertransaksi. Satu prinsip yang perlu diingat adalah Online earning itu bukan jalan mudah untuk dapat duit, malah kalau saya bilang ini cara rumit soalnya selain kita harus memahami bisnis as a conventional business dan marketing kita juga harus banyak tahu mengenai IT. So, buat yang mau terjun ke Dunia Online Earning jangan beranggapan this is the easy way to make money, belief me this is harder than you ever think.
Tapi… jangan putus harapan men.. sebagai orang yang optimis kita harus tetep menatap kedepan, karena online earning atau internet marketing is a future trend. Buat yang sudah pernah belajar Online earning atau Internet Marketing, bersyukurlah apalagi udah pernah dapat income dari Internet. Tapi buat yang baru belajar (termasuk saya) never too late to learn, jadi tetap aja belajar, paling tidak kita tau mengenai mahluk apa ini.

Oke, sambil belajar saya coba uraikan sedikit mengenai online earning ini dan tolong koreksi kalau ada yang salah. Pada prinsipnya saya akan berusaha menampilkan online earning yang lurus-lurus aja, karena didunia maya banyak sekali scam dan ilegal. Setidak ada 4 jenis skema online earning yang saya tahu dan populer saat ini, dan sangat mungkin berkembang dikemudian hari.

  1. Publisher for advertiser. Sebetulnya konsep ini sudah berlangsung lama, mungkin sejak internet mulai ada, konsep ini pun juga dimulai. Detik.com merupakan contoh pelaku dari konsep ini, coba saja lihat websitenya ada ratusan iklan yang ditampilkan. Inti dari konsep ini adalah Kita sebagai publisher menyediakan website yang akan dipasangi iklan oleh advertiser. Kemudian konsep ini dikembangkan google sehingga muncul apa yang namanya Google Adsense, yang memberikan kesempatan kepada perorangan untuk meraih income sebagai publisher. Dalam GA pun ada berbagai macam konsep yang ditawarkan ada GA for content, GA for search, GA for Mobile content and GA referal
  2. Affiliate Program atau Affiliate Marketing. yang ini sama aja dengan sistem konsinyiasi (bener ngga sih ejaannya?) atau sistem titip jual. Seperti halnya sistem konsinyiasi di dunia offline, disini kita diberikan hak untuk menjual suatu barang yang ditampilkan dalam web kita. Pada prakteknya affiliate program ini ada 2 macam, yang pertama gretong alias gratis dan yang kedua kita harus beli dulu produknya. Yang cukup populer untuk program ini adalah amazon.com, kalo di Indonesia banyak sekali pemain yang melakukan program ini, namun sayangnya rata-rata kita harus beli dulu produknya (maunya gretongan mulu… hehehe..)
  3. Online trading, Namanya juga online trading jelas kita berdagang di dunia maya, sama halnya kita jualan di pasar. Yang populer dengan skema ini adalah ebay dan alibaba, disitu tersedia fasilitas perdagangan untuk jual beli barang. Termasuk konsep ini juga adalah jika kita melakukan penjualan pada website kita sendiri.
  4. Paid for review, Paid for survey dan Paid for search. Kita bahas satu-satu : Paid for Review, ini sejenis mahluk planet yang buas (halah ngelantur). Paid review merupakan skema dimana kita akan dibayar pada saat kita melakukan review atas perintah provider. Paid for Survey, yang ini kita akan dibayar kalau kita mengikut survey. Kalau Paid for Search, ini yang masih tanda tanya kehalalannya karena banyak sekali provider yang menawarkan namun ujung-ujungnya scam alias bodong, so hati-hati aja dengan provider yang menawarkan ini.

Kira-kira gitulah online earning, mengenai detil bagaimana bisa dapetin duit dari itu semua, its long-long way to go, masih banyak sekali yang harus dipelajari. Dan inget banyak sekali pelaku yang ingin mendapatkan keuntungan dari “Online earning” banyak yang ngaku-ngaku bisa mendapatkan dollar dari internet dengan mudah, namun ujung-ujungnya kita harus membeli produknya.

Mungkin pada posting berikut saya akan menampilkan link mana saja yang bisa dapet online earning dan sedikit caranya barangkali. Mudah-mudahan bisa memberi inspirasi

2 thoughts on “Belajar Online Earning

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s