MyBlog V 2.0


Butuh semangat baru untuk memulai kembali membangun blog versi kedua, setelah blog saya yang pertama Dream Company di baned sama om WordPress. Yap dibaned, entah kenapa dan alasan apa yang mendasari WP melakukan baned terhadap blog, karena ngga ada ujan ngga ada matahari (malem soalnya) url saya tiba-tiba hanya bisa terbuka dengan tulisan “This blog has been archived or suspended for a violation of our Terms of Service”, yah begitulah nasib blog saya. Terms Of Service (TOS) menjadi aturan hukum yang sangat ketat berlaku di provider semacam wordpress, paling tidak ini merupakan suatu pelajaran bagi saya agar ngga main-main sama TOS. Karena mereka (WP) tidak lagi memberi peringatan kepada sang blogger jika blogger melanggar TOS mereka, namun langsung membaned blog yang kedapatan melakukan pelanggaran TOS.
Lalu apa yang dilanggar? setelah selidik punya selidik ternyata saya menampilkan foto yang tidak direstui untuk di copy paste atau bahasa kerennya the picture has property right. Itulah kecerobohan saya, satu hal yang harusnya menjadi pelajaran bagi para blogger so, ada dua hal yang menjadi pelajaran :

1. Perhatikan TOS,
2. Jika ingin copy paste artikel, gambar, maupun mp3 dan file lainnya harap perhatikan sumber file tersebut, apakah dapat copy paste atau tidak.
Sayang memang, blog yang sudah saya desain sedemikian rupa dan berisi beberapa artikel hasil tulisan saya pribadi menjadi blog yang tak dapat bernyanyi lagi. Hanya satu tulisan yang bisa saya selamatkan yaitu Quantum Ikhlas VS The Secret yang terdapat dalam blog ini juga, yang lainnya wusssss lenyap ditelan oleh jaringan Hardware entah dimana atau sudah di delete oleh WP. Ini jadi pelajaran ketiga bagi saya :
3. Back up your blog, selain karena kasus yang saya alami (akibat saya sendiri) banyak kasus lainnya juga diakibat faktor sang provider yang kolaps atau pihak ketiga yang jail.

Lalu kenapa saya buat blog di WP lagi? ya karena saya sudah familier dengan WP dibanding provider blog lainnya dan WP cukup mudah bagi blogger pemula seperti saya. Saya sendiri sebetulnya juga memliki 2 blog lainnya di Blogspot dan di multiply namun saya merasa blogspot kurang menarik dan agak ribet untuk dikelola. Sedangkan Multiply malah terlalu easy dan tampilannya kurang profesional ( ini sih pendapat saya ajah), terlalu ngepop gitu, pantesnya untuk mendapatkan jaringan yang non formal. But is just mater of taste, tergantung selera masing – masing blogger, bagi yang doyan WP yah pake WP, bagi yang seneng Blogspot yah ngebloglah di BS, atau masih banyak provider blog yang lain termasuk juga provider lokal seperti dagdigdug.com misalnya. Yang jelas kalau saya pribadi lebih nyaman ngeblog di WP walaupun (damn!!!) my 1st blog was banned. Mudah-mudahan blog ini tidak bernasib sama dengan pendahaulunya.

Tinggalkan Balasan

