Dream Company V.2.0

Just another WordPress.com weblog

Lebaran Anak Yatim (10 Muharram)

on December 6, 2011

Hari ini tepat tanggal 10 Muharram 1433 H, atau yang biasa disebut “Hari Asyuro”. Banyak riwayat yang menyatakan keutamaan hari Asyura ini. Hari Asyura sendiri berarti hari ke 10 dalam bahasa arab. Salah satu keutamaan pada hari ini adalah berpuasa juga bersedekah baik kepada anak yatim maupun kaum dhuafa. Di Hari Asyura ini juga banyak peristiwa yang terjadi didalam dunia islam, antara lain Peristiwa perang Karbala yang menewaskan Husain Bin Ali, yang tak lain merupakan cucu Nabi.

Pada hari ini juga disebutkan menjadi  hari “lebaran anak yatim”. Sebetulnya istilah lebaran anak yatim hanya merupakan kiasan, bukan hari yang memang dikhususkan untuk dirayakan seperti halnya Iedul Fitri mauupun Iedul Adha. Mengapa dikatakan bahwa tgl 10 Muharram adalah Lebaran Anak Yatim, dasar hadisnya sbb :

“Diriwyatkan bahwa Rasul saw menyayangi anak2 yatim, dan lebih menyayangi mereka pd hari 10 muharram (Asyura). dan menjamu serta bersedekah pd 10 muharram bukan hanya pd anak yatim tapi keluarga, anak, istri, suami dan orang orang terdekat, karena itu sunnah beliau saw dan pembuka keberkahan hingga setahun penuh. (Faidhul qadir juz 6 hal 235-236)”.

“Diriwayatkan pula bahwa sayyidna Umar ra menjamu tamu dengan jamuan khusus, pada malam 10 muharram (Musnad Imam Tabrani/ Tafsir Ibn katsir Juz 3 hal 244)”

Ada juga hadist yang di riwayatkan oleh Ibnu Abbas r.a.,

Rasulullah bersabda :”Dan barangsiapa yang membelaikan tangannya pada kepala anak yatim di hari Asyuro, maka Allah Ta’ala mengangkat derajat orang tersebut untuk untuk satu helai rambut satu derajat. Dan barangsiapa memberikan (makan dan minum) untuk berbuka bagi orang mukmin pada malam Asyuro, maka orang tersebut seperti memberikan makanan kepada seluruh umat Muhammad SAW dalam keadaan kenyang semuanya.”— Al Hadis.

Wallahul Muwaffiq

Sumber : http://www.indrakurniawan.net/lebaran-anak-yatim/

Pic : http://xahe36.wordpress.com/2011/11/29/muharram-dan-puasa-asyuro/


4 responses to “Lebaran Anak Yatim (10 Muharram)

  1. Jazakillah postingnya..pengingat yang sangat baik :)

  2. wahyu says:

    maaf ya akhi….tidak ada hubungannya 10 Muharam dengan anak Yatim.
    menurut hadist yg shahih.
    Telah disebutkan dalam dua kitab shahih (Bukhari dan Muslim,pen) dari hadits Ibnu Abbas radhiallahu anhuma, berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa alihi wasallam datang ke Madinah, lalu Beliau mendapati kaum Yahudi berpuasa dihari Asyura’, lalu Beliau bertanya kepada mereka: hari apakah yang kalian berpuasa padanya? Mereka menjawab: ini adalah hari yang agung, Allah menyelamatkan Musa dan kaumnya, dan menenggelamkan Fir’aun dan kaumnya, maka Musa berpuasa padanya sebagai rasa syukur, dan kamipun berpuasa.” Maka Nabi Shallallahu Alaihi Wa aalihi wasallam berkata: kami lebih berhak terhadap Musa daripada kalian.”,maka Beliaupun berpuasa dan memerintahkan (kaum Muslimin) untuk melakukannya.”

    (Dikeluarkan Bukhari, kitab Ash-Shiyam bab: Shiyam yaumi Asyura’ (1/478), Muslim dalam kitab Ash-Shiyam (1/504), no:1130,dari hadits Ibnu Abbas radhiallahu anhuma)

    Termasuk keutamaannya bahwa berpuasa padanya menghapuskan kesalahan setahun yang lalu, berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wasallam :

    «أَحْتَسِبُ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ»

    “Aku berharap menghapus kesalahan setahun sebelumnya.”

    (Dikeluarkan Muslim kitab AshShiyam (1/519, no:1162),Abu Dawud kitab Ash-Shiyam bab: shaum Ad-Dahr tathawwu’an (2425), Ahmad dalam musnad (5/297), dari hadits Abu Qatadah Al-Anshari radhiallahu anhu)

    Hati2 dengan hadist palsu/ ma’udhu.
    Tidak ada satupun yang disyariatkan dihari Asyura dari syi’ar-syi’ar hari raya, atau syi’ar kesedihan atau memberi keleluasaan kepada keluarga, tidak pula ada anjuran memukul-mukul dada, menarik rambut, merobek baju,dan menumpahkan darah. Sebab semua itu menyelisihi sunnah Nabi yang suci.

    Berkata Syaikh Bakr Abu Zaid rahimahullah:

    “yang menjadi sandaran bagi kaum muslimin bahwa tidak shahih satupun hadits tentang hari Asyura’, tidak pada siang harinya dan tidak pula malam harinya. Semua hadits yang meriwayatkan tentang hal tersebut, demikian pula tentang memberi keleluasaan kepada keluarga dihari Asyura’ adalah palsu dan tidak shahih, tidak ada yang shahih kecuali berpuasa pada hari itu dan sehari sebelumnya, sebab itu merupakan hari yang Allah Azza wajalla menyelamatkan Nabi-Nya Musa Alaihis salam.”

    (tashih Ad-Du’a, Bakr Abu Zaid:109)

    Aku berkata: dan telah shahih dari Nabi Shallallahu Alaihi Wa Aalihi Wasallam bahwa Beliau bersabda:

    «مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ»

    “Barangsiapa yang mengada-ada dalam urusan kami sesuatu yang tidak berasal darinya maka hal itu tertolak.”

    (Muttafaq alaihi.Dikeluarkan Bukhari kitab: As-Shulhu bab: Idza Isthalahu ‘ala shulhi jaur fash-shulhu mardud:2/5, Muslim kitab Al-Aqdhiyah (2/821,no:1718), dari hadits Aisyah radhiallahu anha)

    Dan bersabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Aalihi Wasallam:

    «إِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الأُمُورِ فَإِنَّ كُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلالَةٌ»

    “jauhilah perkara-perkara baru,karena sesungguhnya setiap urusan baru adalah bid’ah dan setiap bid’ah adalah sesat.”

    (Dikeluarkan Abu DAwud kitab As-sunnah bab: luzumus sunnah (4607),At-Tirmidzi kitab Al-Ilmu bab: ma jaa’ fil akhdzi bis sunnah wajtinabil bida’ (2676), Ahmad dalam musnad (4/126), dari hadits Irbadh bin Sariyah radhiallahu anhu. Hadits ini dishahihkan Ibnul Mulaqqin dalam Al-badr al-munir (9/582), Ibnu Hajar dalam muwafaqatul khubri al-khabar (1/136), Al-ALbani dalam Silsilah Ash-Shahihah (2735), dan dihasankan Al-Wadi’I dalam Ash-Shahih Al-Musnad (938).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,722 other followers

%d bloggers like this: