Dream Company V.2.0

Just another WordPress.com weblog

Berlibur di Sangkanhurip, Kuningan

on January 26, 2009

Melanjutkan tulisan-tulisan sebelumnya mengenai tempat wisata (hangout places) , kali ini saya coba buat tulisan wisata di Kuningan Jawa Barat. Sayang Saya ngga bisa upload foto disini, ada kesulitan upload di wordpress, tapi foto-foto bisa diliat di facebook saya

Sangkanhurip, KuninganBeberapa waktu lalu beserta keluarga menyempatkan diri berlibur di daerah bernama Sangkanhurip Kuningan.  Lokasi Sangkan Hurip sendiri hanya sekitar 20 km dari Kota Cirebon menuju selatan atau menuju arah Kota Kuningan. Daerah ini sudah lama dikenal dengan pemandian Air Panasnya dan alam pegunungan yang asri. Setiap ke daerah ini saya jadi bernostalgia masa kecil dahulu yang sering berakhir pekan bersama orang tua di Pemandian Air Panas.
Kondisi Sangkan Hurip saat ini dibandingkan dengan saat saya masih kanak – kanak, jelas banyak perubahan. Sekitar 20 tahun lalu hanya ada 1 tempat pemandian air panas umum dan beberapa hotel kecil, suasananya pun masih sangat tradisional. Saat ini paling tidak sudah ada 4 pemandian umum, beberapa hotel bintang, banyak hotel/penginapan kecil serta restaurant yang menghidangkan masakan daerah setempat. Jalanan pun semakin ramai dengan lalu lalang kendaraan bermotor, walaupun banyak juga delman yang lalu lalang.

Namun keindahan bumi Kuningan masih tersimpan, sawah yang hijau, udara yang sejuk, dan pemandangan Gunung Ciremai menghiasi suasana berlibur saya dengan keluarga. Ada banyak tempat penginapan salah satunya Grage Spa Sangkan, hotel bintang 4 yang dilengkapi sarana sauna dan spa air panas alami. Sayangnya hotel yang satu ini cukup mahal ratenya, kayanya belum saatnya kami bermalam disitu (Anggaran terbabatas, hehehe..) apalagi pasukan yang ikut cukup banyak. Akhirnya kami menginap di Hotel Sangkan Indah, sebetulnya ini hotel lama dan bentuknya pun sederhana, tapi yang istimewa di hotel ini terdapat kolam air panas.

Rate kamar untuk menginap di hotel ini cukup murah mulai dari Rp. 200 ribu s.d 400 ribuan, tergantung dari kelas kamarnya. Kami booking untuk 3 kamar yang kesemuanya menghadap ke kolam renang, jadi memudahkan lalu lalang kami menuju kolam renang. Memang kondisi kamar ngga terlalu mewah malah terkesan terlalu sederhana, namun tempat ini cukup mengasyikan buat keluarga yang ingin berlibur.

Keliling Naik DelmanBerenang dan berendam di hangatnya air panas merupakan salah satu pilihan kegiatan wisata, alternatif lain bisa berputar naik Delman atau berkuda. Untuk berkeliling dengan Delman kita hanya perlu membayar Rp.20.000,- sudah bisa berkeliling seputaran desa Sangkanhurip. Selain itu kita bisa memancing di salah satu pemancingan juga bisa juga sambil makan siang.

Untuk jajanan dan wisata kuliner, banyak pilihan makanan. Mulai dari hidangan ikan gurame goreng, sate kambing, ayam goreng, dan makanan khas daerah setempat. Ada salah satu rumah makan tepatnya di depan pemandian air panas lama tapi saya lupa namanya, disitu ada menu sajian yang khas yaitu nasi merah dan gurame asam manis. Untuk oleh-oleh ada berbagai macam jajanan seperti tape ketan yang di kemas dengan ember, manisan, dan makanan berbentuk kutupat (tapi lebih kecil) yang isinya ketan dan kacang.

Lokasi Sangkanhurip juga berdekatan dengan obyek wisata bersejarah Linggarjati dimana terletak lokasi gedung Perundingan dan hutan wisata Linggarjati. Tempat wisata lain adalah kolam renang Cibulan, menurut cerita penduduk setempat kolam ini adalah tempat pemandian para Raja kerajaan Sunda. Yang menarik disini adalah kolamnya yang dihuni oleh sejumlah ekor ikan, konon katanya ikan – ikan tidak boleh diambil maupun dimakan.

How to get there

Lokasi Sangkanhurip hanya berjarak +/- 20 Km dari kota Cirebon ke arah selatan, atau 5 Km dari Kota Kuningan ke arah utara. Selain menggunakan kendaraan pribadi bisa juga memanfaatkan kendaraan umum bis antar kota jurusan Cirebon – Kuningan. Jalanan menuju Sangkanhurip adalah jalanan yang menanjak dan berliku dengan view pematang sawah dan pohon-pohon yang hijau, sehingga kita juga bisa menikmatinya selama perjalanan menuju lokasi.

About these ads

14 responses to “Berlibur di Sangkanhurip, Kuningan

  1. Dede Hidayat says:

    nice to try lah…..

  2. makasih informasi nya bermanfaat sekali, sy mau berkunjung ke sanaa……..

  3. maman rukmana says:

    Haturnuhun kang infonya…..hoyong nyobian mampir ka sangkanhurip

  4. Teguh says:

    Aa, hotelnya yang menengah berapaan ratenya yah, aku sering ke Majalengak dan Cirebon tapi belum pernah ke Sangkan Hurip. Kalau Aa ada referensi hotel ut keluarga yg nyaman tapi tidak terlalumahal, mohon kasih tahu lah, email ya. Nuhun Aa.

    • donkmarch says:

      Kalau di Sangkanhurip banyak alternatif hotel/penginapan sebetulnya
      mulai dari Rp. 200.000 ke atas kalau ga salah ada juga ada yg dibawah itu
      kalau saya biasanya di sangkan indah, karena disitu ada kolam renang air panasnya tp agak mahal sekarang mungkin 300 rb keatas

  5. Permana says:

    Ahir minggu ini ke sanggkan hurip, kebetulan sudah book di sangkan indah……

  6. iip says:

    Kang, info ni sangat berharga buat saya, krn dlm waktu dekat sy mau bawa rombongan kader posyandu, bs g sy minta no telp yg dpt kuhubungi terutama sangkanhurip lama bukan waterboom. sebelumnya makasih infonya

  7. ima says:

    kalau naik angkutan / bus bs langsung turun di dpan lokasi tidak ya

    • donkmarch says:

      *Ima, Kalau kita naik dari Terminal Cirebon, kita naik bis jurusan Kuningan, nanti minta turun di sangkanhurip. dari Jalan Raya Ciirebon Kuningan masih jalan lagi ke dalam, bisa menggunakan delman atau angkot
      Trims

  8. Yuki says:

    Boss mau nanya nih, kalo dari cirebon jalan cipto mangunkusumo mau ke sangkanurip caranya naik angkot / elf apa, dan nanti pulangnya balik lagi ke cirebon jalan cipto mangunkusumo jelasin juga ya, klo bisa yang detail ya, minta tolong jawannya dikirim ke e-mail saya dunk Yukie.Sanada@yahoo.com, makasih ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,718 other followers

%d bloggers like this: